Search

Feedlot Fortuna Megah Perkasa menyediakan Sapi Qurban (sehat, cukup umur, bebas Antrax, kesehatan terjamin standarisasi Dinas Peternakan) dengan kisaran berat 200-700 kg. Bebas ongkos kirim se-Jabodetabek...

Sapi Limousin

Sapi Limousin adalah bangsa Bos turus (Talib dan Siregar, 1999), dikembang-kan pertama di Perancis, merupakan tipe sapi pedaging dengan perototan yang lebih baik dari Simmental, warna bulu coklat tua kecuali disekitar ambing berwarna putih serta lutut kebawah dan sekitar mata berwarna lebih muda
 
Bentuk tubuh sapi jenis ini adalah besar, panjang, padat dan kompak.
Keunggulan dari jenis sapi ini pertumbuhan baannya yang sangat cepat

Secara genetik, sapi Limousin adalah sapi potong yang berasal dari wilayah beriklim dingin, merupakan sapi tipe besar, mempunyai volume rumen yang besar, voluntary intake (kemampuan menambah konsumsi diluar kebutuhan yang sebenarnya) yang tinggi dan metabolic rate yang cepat, sehingga menuntut tata laksana pemeliharaan yang lebih teratur. Di Indnesia sapi limousin disilangkan dengan berbagai jenis sapi lain, seperti misalnya dengan sapi peranakan ongole, sapi brahman atau sapi hereford

Sapi limosin diprediksi akan populer dan menjadi primadona baru di dunia industri peternakan. Semua orang yang bergerak di usaha penggemukan sapi mulai sering membicarakan sapi ini.
Demikian pula majalah dan media peternakan lain, sering menjadikannya sebagai ulasan utama dalam setiap penerbitan. Apalagi ketika beberapa waktu yang lalu, presiden SBY juga memilih sapi jenis ini untuk dijadikan binatang kurban ketika merayakan Hari Raya Idhul Adha. Setiap peternak sapi pun sering membicarakannya.

Meski harganya lebih mahal, namun dari hari ke hari permintaan hasil ternak sapi limosin ini justru makin meningkat. Bahkan para peternak dan pedagang sering merasa kewalahan untuk memenuhi setiap pesanan yang masuk, karena stok dan suplainya masih sangat terbatas. Untuk itu bagi yang ingin membuka usaha peternakan khususnya peternakan sapi pasti tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan emas ini.

Keistimewaan Sapi Limosin

Hasil ternak sapi limosin memang punya beberapa keistimewaan tersendiri dibanding dengan sapi ternak jenis lainnya. Keistimewaan paling utama adalah proses pertumbuhannya lebih cepat. Kemudian badan serta ukuran beratnya yang juga lebih tinggi sehingga jumlah dagingnya pasti lebih banyak.
Selain itu kwalitas sapi limosin juga dinilai lebih bagus dan lezat untuk dijadikan makanan. Maka tidak mengherankan bila nilai jual dari sapi jenis ini juga jauh lebih tinggi dan mahal. Sehingga keuntungan yang didapatkan oleh peternak atau pedagang tentu akan lebih banyak.

Keunggulan lain memelihara ternak sapi limosin adalah waktu yang dibutuhkan untuk penggemukan atau pertumbuhannya lebih pendek dan singkat. Dan yang membuat para peternah lebih nyaman adalah, sapi ini juga lebih tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit, terutama antraks yang beberapa waktu lalu pernah merajalela dan membuat rugi banyak peternak.

Berternak Sapi Limosin

Teknik memelihara atau ternak sapi limosin sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara memelihara sapi jenis yang lain. Namun memang ada beberapa perbedaan yang perlu mendapat perhatian khusus dari peternak. Misalnya untuk urusan kandang.
Sapi limosin memiliki ukuran lebih besar, maka kandang yang dibutuhkan juga harus lebih luas. Demikian pula dengan kebutuhan pakannya. Meski jenis makanannya sama, namun jumlah yang dibutuhkan tentu lebih banyak pula.

Sedangkan untuk pemilihan bibit untuk ternak sapi limosin unggul pada intinya juga sama. Yaitu pilihlah bibit yang punya ciri ukuran kepala yang lebih besar, bentuk ekor yang pendek dan gepeng serta tanduk yang bersih. Perhatikan pula dengan moncongya. Sapi yang berkwalitas baik pasti punya moncong yang punya warna hitam mengkilat dan selalu menjorok ke depan  serta rajin mengeluarkan lendir.
Selain itu yang tidak boleh dilupakan adalah bentuk pantat yang besar dan lebar, lalu tulang bagian punggung yang datar serta mata yang cerah dan terlihat terang. Kulit yang bersih dan mengkilat juga bisa menjadi pertanda bila sapi tersebut dalam kondisi yang sehat.

Dan untuk menjamin keaslian dari  binatang ternak sapi limosin tersebut, mintalah jaminan sertifikat yang menyatakan asal usul sapi yang mau kita pelihara. Karena setiap garis keturunan dari sapi ini punya nilai tersendiri. Ada sapi hasil kawin campuran dan ada sapi yang murni keturunan jenis limosin. Jangan sepelekan masalah ini, karena bila sudah besar, baru bisa terlihat keaslian jenisnya.

Additional information